Garut- Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Garut menggelar pelatihan jurnalistik di kantor sekretariat MUI jalan Otista Tarogong Kidul Garut Jawa Barat, minggu (15 Mei 2016)

Menurut Ketua pelaksana pelatihan jurnalistik KAMMI Garut, Arazi mengatakan pelatihan ini digelar bagi anggota KAMMI Garut sebagai bekal mental dan bakat menulisnya.

“Tujuan diadakannya acara ini agar Humas dan kader-kader KAMMI lebih memiliki bobot dalam hal mengasah mental sekaligus menumbuhkan kekreatifan dalam menulis, juga agar budaya menulis lebih berkembang di KAMMI,” kata Arazi.

Sementara itu, Ketua KAMMI Garut, Cecep Zulkifli mengatakan “acara ini baru perdana dilakukan dan rencananya akan terus berlanjut lima hingga enam kali pertemuan lagi. Selain itu menurut Cecep, pelatihan jurnalis ini dianggap penting untuk meningkatkan krisis percaya diri dan rasa pesimis yang sering dialami oleh mahasiswa dan pemuda.

Sementara Jejen Jaelani Selaku MPD KAMMI Garut dalam sambutanya “Diharapkan dengan adanya acara ini, menuntut Humas KAMMI untuk lebih baik dalam memberikan informasi, karena menulis jika semakin sering dilatih akan semakin lebih baik. Selain itu mengurangi krisis ketidak-pedean pada bagian humas dan juga memperkaya informasi dengan cara memperkenalkan KAMMI melalui tulisan-tulisan dari Humas KAMMI,” kata Jejen.

Tampil sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut, Pewakilan Redaksi Radar Garut, Ari.

Dalam motivasinya menumbuhkembangkan bakat menulis, Ari “mengatakan seorang jurnalis harus cepat tanggap dalam menyampaikan suatu kejadian namun harus benar-benar dilandasi oleh fakta.

“KAMMI harus cepat nyambung dan responsive dengan segala sesuatu yang terjadi dalam segala keadaan. KAMMI harus tampil dalam memberikan solusi, tidak sekedar melontarkan kritik dan melakukan orasi,” tegasnya.

Selain itu Ari juga mengatakan bahwa menulis juga berarti menyelamatkan bukti-bukti sejarah dan dengan menulis berarti KAMMI juga telah melakukan kebaikan dengan cara menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian atau mengangkat suatu isu peristiwa untuk diketahui oleh khalayak ramai. Namun tetap memegang teguh Kode Etik Jurnalistik serta aspek kemanusiaan.(*)

By admin

One thought on “Asah Kemampuan Menulis, KAMMI Garut Gelar Pelatihan Jurnalistik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *